Gedit, Text Editor untuk Windows + Download
Oke, malam semuanya. Tengah malam kayak gini, ujan, dingin enaknya ngebLog,hehe,. Gw mau share nih tentang Gedit. Apa itu Gedit?? dari kata edit artinya mengedit, untuk mengubah sesuatu gitu dech (apa sih,haha). Oke, Gedit merupakan aplikasi default text-editor dari Ubuntu khususnya desktop gnome,(wah bisa juga serius) jika di Windows ada notepad, paling tidak Notepad++ yang paling populer, nah di Ubuntu juga menggunakan Gedit.
Jika dilihat, tampilannya emang ckup sederhana. Tapi jangan terkecoh dengan kesederhanaannya, aplikasi ini selain untuk mengedit dokumen, juga bisa untuk mengedit source code khususnya bagi programmer, wajib mengoleksi aplikasi ini because what?(ala ahmad Dhani,hehe), because aplikasi ini menyediakan fitur-fitur serta plugin untuk berbagai pemrograman, misal PHP, C++, HTML, dll.
Beberapa fitur berguna yang dimiliki oleh gedit, dikutip dari UbuntuIndonesia:

  1. Dukungan penuh untuk teks yang ada didunia (UTF-8)
  2. Sintaks highlighting yang bisa dikonfigurasi untuk berbagai macam bahasa seperti (C, C++, Java, HTML, XML, Python, Perl dan masih banyak lagi
  3. Undo / Redo
  4. Edit file secara remote
  5. File reverting
  6. Dukungan print dan print preview
  7. Dukungan clipboard (cut/copy/paste)
  8. Search dan replace
  9. Menuju baris spesifik
  10. Auto indentation
  11. Teks rata (Align)
  12. Penomoran baris
  13. Highlinght ('sorot') baris saat ini
  14. Pencocokan tanda kurung
  15. Backup file
  16. Font dan warna yang bisa dikonfigurasi
  17. User manual online yang lengkap 
Mungkin bagi anda pengguna Windows agak kecewa dengan hal ini, karena cuma ada di Ubuntu. Eitz, tenang sodara-sodara sekaLian, Gedit juga bisa berjalan di Windows kok. Nah, bagi yang ingin ngedownload silahkan DI SINI

Ada beberapa plugins yang bisa anda pakai untuk meningkatkan kinerja Gedit anda, berikut beberapa pLugin yang bisa anda pakai:
  1. Snippets
    Plugin ini dapat mempercepat kerja para programmer, snippets dapat memasukkan code yang sering digunakan pada gedit dengan cepat . Dengan menekan tombol <tab> pilihan snippets yang akan dimasukkan (tergantung text trigger yang diketikkan). Dalam plugin ini sudah tersedia snippets untuk beberapa bahasa pemrograman seperti css, javascript, html dan ruby. Anda juga dapat menambahkan sendiri snippets yang diinginkan, pilih menu Tools → Manage Snippets.
  2. File Browser
    Ini merupakan plugin yang sangat baik, dengan menampilkan sebuah file browser di sidebar sebelah kiri (gambar GD.2), tekan F9 untuk mengaktifkan. Plugin ini hampir mirip file browser milik Dreamweaver atau Textmate. Plugin ini terkoneksi dengan nautilus (explorer gnome/ubuntu), artinya Anda bisa menghubungkannya melalui FTP, SFTP, SSH, Windows Share dan lain-lain. Anda hanya perlu mengaktifkan plugin ini, dengan cara yang telah dijelaskan di atas.
  3. Session Saver
    Sebuah plugin yang sangat berguna, khususnya jika Anda bekerja pada suatu proyek dan memerlukan multiple file yang dibuka secara bersamaan. Dengan plugin ini session bisa di simpan (save) dan di load, dari menu File → Saved session.
  4. Color Picker
    Bagi Anda yang sedang belajar web dan pemrogramannya atau seorang web developer. Mungkin plugin ini akan sangat berguna, tentunya akan terasa menyusahkan bila harus menemukan nilai hexa decimal suatu warna. Namun, dengan color picker ini anda cukup mengklik apapun di desktop dan anda akan segera melihat Hue, Saturation, Nilai RGB kode dan kode Hex untuk warna yang diklik sebelumnya. Klik tombol memasukkan dan warna itu akan dimasukkan.
  5. Document Words Completion
    Plugin ini memiliki fungsionalitas sebagai auto-complete bagi gedit. Ketika Anda sedang mengetik, plugin ini akan melengkapi huruf yang barusan anda ketik, berdasarkan huruf yang muncul atau telah ada sebelumnya di dokumen yang sama. Anda dapat mengkonfigurasikannya ke auto-complete atau memberikan saran ketika menekan Ctrl+Enter.  


    Namun kali ini, yang bisa gw share cuman Snippets, filenya udah gabung dengan Geditnya kok, jadi yang berminat silahkan download aja.

Gedit Download
pass :  dzhoelakhers

Terima Kasih atas kunjungannya, jangan lupa sarapan dan kripik pedasnya. :)
Category:

+ komentar + 1 komentar

Anonim
30 Januari 2013 pukul 10.47

ini yang ane butuhkan nih, kebetulan.. ini infonya juga lengkap banget...:*

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Gedit, Text Editor untuk Windows + Download

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))